Sudah SEO Tapi Website Tetap Tidak Ranking, Kenapa?

Dipostingan sebelumnya dijelaskan bahwa Jasa SEO yang bisa menjanjikan website klien pasti naik ke halaman pertama Google dalam waktu tertentu dengan hanya membayar biaya tertentu harus diwaspadai, mengapa demikian? Karena pada kenyataannya proses SEO adalah proses ‘buta’, tugas dari Jasa SEO sendiri adalah mengupayakan website klien naik ke halaman pertama Google, hanya mengupayakan bukan menjanjikan. Karena banyak faktor suatu website bisa naik dan turun posisinya di hasil pencarian Google :

sudah pakai jasa seo website tidak ranking

- Kekuatan kompetitor

Katakanlah anda adalah pemilik toko online jas hujan dan mengincar keyword ‘jas hujan’. Saat ‘jas hujan’ diketikkan ke Google, 10 website yang muncul dihalaman pertama otomatis menjadi kompetitor anda. Yang Jasa SEO lakukan adalah menguatkan SEO website anda untuk bisa bersaing dengan SEO kesepuluh website tersebut. Hal ini kadang berhasil, namun kadang juga gagal, apalagi jika kesepuluh website tersebut juga sudah ditenagai oleh Jasa SEO lain, maka persaingannya menjadi pertarungan antar Jasa SEO.

- Kompetitifnya keyword

Saat musim hujan, maka keyword ‘jas hujan’ akan makin banyak digunakan, menyebabkan makin banyaknya lawan yang mengincar keyword tersebut. Ada baiknya mengincar keyword tersebut sejak sebelum musim hujan, jadi saat pertarungan memperebutkan posisi untuk keyword ‘jas hujan’, anda sudah memiliki backlink yang bagus.

- Website klien yang tidak mendukung

Proses SEO tidak hanya dilakukan dengan mencari backlink, namun juga membenahi internal toko online atau website klien agar lebih murah di-crawl Google namun tetap tidak merubah tampilan dan fungsi toko online itu sendiri. Namun banyak toko online dan website klien yang dibuat sedemikian canggih tapi melupakan adanya fitur yang dibutuhkan untuk proses SEO, ini yang menyulitkan Jasa SEO. Dalam hal ini, biasanya pihak Jasa SEO akan meminta fitur tersebut disediakan untuk memudahkan proses SEO.

- Reputasi website klien

Misalkan, toko online anda sebelumnya sudah pernah dibanned Google karena menjalankan teknik SEO blackhat, atau server hostingnya yang sering down, atau faktor lain yang tidak disukai Google, maka proses SEO jadi lebih sulit dilakukan, jikapun memungkinkan akan memakan waktu relatif lama.

- Update Algoritma Google

Semua website yang muncul di hasil pencarian Google diatur dengan algoritma khusus yang dibuat dan dijalankan oleh Google. Saat ini, algoritma yang dijalankan adalah Algoritma Hummingbird yang memasukkan unsur social media dalam perhitungan algoritma nya. Saat terjadi update algoritma Google, jangan heran jika sebuah website yang sudah ada dihalaman pertama Google kemudian turun hingga halaman 5 misalnya.

Demikian beberapa hal yang menyebabkan website atau toko online anda terkadang tetap tidak masuk ke halaman pertama Google walaupun sudah di-SEO-kan.

Leave a Reply